Minggu, 09 September 2012

TREND KAUM MUDA SAAT INI

    Berbincang soal kaum muda kini berarti erat kaitannya dengan gaya hidup modern, kaum muda kini lebih merasakan ego yang lebih besar ketimbang dengan kaum muda dimasa lampau. Ini berarti kaum muda atau anak muda jaman sekarang lebih berani tampil mengekspresikan siapa itu jati dirinya, ketimbang menutup-nutupi kepribadian dan bakat yang tertanam didalam dirinya. Kalau saja didunia ini ada wadah khusus yang menampung setiap bakat  anak muda secara menyeluruh tanpa harus membedakan ras, gender, golongan, kasta, mungkin saya akan memilih untuk mengekspresikan bakat saya yang sempat terpendam selama bertahun-tahun lamanya. Ya, bukankah itu kesempatan emas bagi remaja seusia saya yang lagi giat mencoba semua hal yang ada didunia tentunya untuk hal yang positif. Intinya perkembangan pola pikir remaja alias anak muda jaman sekarang sudah jauh berubah, dahulu kaum muda mengekspresikan bakatnya hanya melalui saluran radio, televisi sekarang dengan adanya arus globalisasi dan kemajuan teknologi anak muda bisa dengan mudah dan cepat menyalurkan bakatnya melalui media jejaring sosial facebook, youtube, twitter, blog, dan situs sosial lainnya.Terlebih, kelebihan media ini sangat jauh lebih unggul dan bisa mendatangkan popularitas alhasil rupiah pun bisa dengan mudah dikantongi.
        Bila kita flashback dalam dua tahun yang lalu banyak kaum muda yang awalnya dari ketidak sengajaan mengekspresikan bakatnya mendadak terkenal dan bahkan menjadi bintang iklan, film, terkenal. Sebut saja Sinta (Sinta Nurmansyah) dan Jojo (Jovita Adityasari) dengan fenomena keong racunnya akibat video lipsync, dua orang mahasiswi asal Kota Cimahi, Jawa Barat, yang kemudian diunggah di situs YouTube mendadak menjadi artis terpopuler saat itu. Gaya kedua mahasiswi itu dianggap menggelitik di samping lirik lagu yang unik sehingga menarik banyak pengguna internet untuk menontonnya dan menjadi bahan pembicaraan di dunia maya. Kasus yang sama berikutnya adalah Briptu Norman Kamaru. Seorang anggota kepolisian di Gorontalo yang namanya menjadi terkenal setelah video lip-sync-nya yang menirukan lagu India berjudul Chaiyya Chaiyya tersebar di masyarakat dan telah ditonton oleh 3.155.747 orang (per 29 Maret 2012). Setelah itu Briptu Norman sering diundang oleh banyak media untuk diwawancarai serta tampil menyanyi sampai akhirnya ia memutuskan untuk berhenti dari Kepolisian untuk terjun ke dunia entertain. Yang terakhir tahun 2012 ini anak muda sudah terserempet bahkan tenggelam dalam arus Boyband dan Girlband Korea, tidak lama kemudian muncul beberapa artis indonesia seperti SM*SH yang turut meramaikan panggung dan dunia hiburan di negeri. Kesimpulannya identitas anak muda khususnya di Indonesia saat ini memang sudah sangat jauh berbeda dengan anak muda di era tahun-80an mereka sudah mulai cepat memahami arti dari jati diri sesungguhnya, apapun faktanya semoga saja dengan kemudahan yang didapat pada era teknologi ini tidak membawa mereka terlena dan tidak mudah melupakan dari mana sebenarnya kita berasal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar