Minggu, 09 September 2012

MOTIVASI UNTUK MELANJUTKAN KULIAH, MEMILIH IPB DAN DEPARTEMEN EKONOMI SUMBERDAYA LINGKUNGAN

    Memilih antara harus kuliah atau bekerja setamat SMA memang bukanlah hal yang mudah, ya seseorang harus menggunakan akal sehat untuk bisa memilih dan menentukan yang terbaik bagi masa depannya. Tidak sedikit juga para orang tua dibuat pusing untuk mengurus hal yang satu ini, ini dilakukan demi melihat buah hatinya sukses dan mendapatkan posisi yang layak dalam hidupnya. Sebenarnya memilih bekerja ataupun kuliah  menurut saya sama saja tidak ada perbedaan, keduannya sama-sama jalan terbaik yang dipilih setiap insan muda untuk menopang kehidupannya ke depan kelak. Hanya saja melalui jalur pendidikan (kuliah)  orang melihat seseorang akan lebih terpandang dan akan lebih mendapatkan perhatian khusus di kalangan keluarga maupun masyarakat. Dorongan ini sangat memicu semangat saya ketika harus mulai memutuskan untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, harapan dari orang terdekat pun tidaklah banyak khususnya kedua orang tua yang menginginkan sang buah hatinya menjadi anak yang berguna bagi masyarakat, keluarga, agama, dan dirinya sendiri.  
    Terlintas dalam benak saya ketika ayah berkata "Nak, janganlah kamu puas akan gelar yang kamu dapat nanti tetaplah dalam tekadmu untuk terus belajar dan mencari ilmu apa saja yang kamu belum dapat didalam kehidupan ini" pesan ini disampaikan ketika saya mendapatkan pengumuman lolos penerimaan mahasiswa baru di Institut Pertanian Bogor (IPB). Memang setiap perkataan yang ayah saya berikan selalu saya cerna dan saya simpan dalam memori jangka panjang saya. Ini mengingatkan kepada saya agar perjuangan yang saya lakukan belum berhenti sampai disini, tantangan didepan sana masih sangat banyak. Sesekali saya merasa pilihan saya untuk berkuliah di IPB adalah kesempatan emas saya untuk menggapai segala yang terbaik dikampus ini. Apalagi IPB adalah salah satu perguruan tinggi unggulan di Indonesia. IPB telah banyak mencetak insan-insan sukses didalamnya mulai dari bidang kewirausahaan, pertanian, ekonomi, sosial, science dan masih banyak lagi.
    Departemen Ekonomi Sumberdaya Lingkungan adalah satu-satunya departemen yang ada di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, ketika saya memutuskan untuk memilih departemen ini saya mulai memahami akan pemanfaatan sumberdaya alam yang bijak bagi seorang khalifah di muka bumi ini, seperti yang Allah firmankan dalam surat Al-baqarah ayat 30 Ingatlah ketika Rabb-mu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Rabb berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”. (QS. 2:30) pepatah dari sahabat pernah berkata dengan ilmu seseorang bisa lebih mulia, dengan ilmu seseorang bisa lebih bijaksana, dengan ilmu pula seseorang bisa dalam kesesatan yang nyata. Semoga kita semua tidak tergolong ke dalam hambamu yang merugi ya Allah :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar